Mempertahankan Suasana Kekeluargaan

Sudah hampir sebulan kami menempati Gedung Galangpress Center di Jl Mawar Tengah 72 Baciro Yogyakarta. Mulai nyaman dengan suasana baru, ruang kerja yang lega dan canggih.

Memang, banyak perbedaan mencolok antara kantor lama di Jl Anggrek 3 Baciro Baru dengan kantor sekarang. Kantor lama kami adalah rumah tinggal yang kami poles jadi ruang-ruang kerja. Kamar tidur kami sulap jadi ruang pimpinan, ruang keluarga jadi ruang administrasi, kamar belakang kami jebol menjadi ruang redaksi dan desain grafis, sedang ruang tamu depan sekaligus kami fungsikan sebagai ruang rapat. Ada teras terbuka depan yang kadang kami pakai untuk menerima tamu, sekaligus untuk mengemasi buku-buku yang hendak kami kirim ke distributor.

Rumah itu begitu mengesan. Perjalanan panjang 6 tahun Galangpress Group direkam di sana. Pertumbuhan bisnis perusahaan ini diarsipkan di ruang-ruang bersejarah rumah itu; di lantai, di dinding, dan di udara yang tinggal di sana.

Kami tetap menggunakan rumah itu untuk kantor. Teman-teman pemasaran dan gudang ada di sana.

“Hanya” suasana yang kami usung ke kantor baru. Kekeluargaan. Keguyuban. Kesalingsapaan. Ini perlu kami jaga mengingat gedung baru sekarang benar-benar berupa kantor. Gedung 2 lantai ini terbagi secara rapi dalam ruang-ruang apik. Lantai 1 terdiri dari ruang direktur, administrasi, keuangan, ruang rapat, dan tentu saja ruang tamu yang begitu lega. Ada taman berikut gemericik air yang sangat menyejukkan. Tamu yang berkunjung selalu betah karena kenyamanan ini.

Sedangkan lantai 2 difungsikan untuk ruang redaksi dan desain grafis. Nuansa warna putih-hijau-oranye begitu menggairahkan. Ruangan yang full music menjadikan tempat kerja ini begitu meriah. Buku-buku yang berjejer panjang semakin memperkaya kami akan referensi-referensi kerja. Meski ada partisi, namun komunikasi antarkami tidak terhalang olehnya. Gedung yang full hot spot ini pun membuat sapaan-sapaan di antara kami bervariasi, meski interaksi personal tetap terjaga.

Saat makan siang, teras lantai 2 yang langsung berpapasan dengan langit cerah kota Jogja menjadi tempat favorit kami. Bertukar lauk adalah salah satu kebiasaan dari kantor lama yang terus dilestarikan. Maklum, hampir semua karyawan membawa makanan dari rumah, entah masakan sendiri, masakan istrinya, atau masakan ibunya. Canda tawa pun selalu menghiasi saat-saat seperti ini. Semua berbaur tanpa batas.

Semangat kekeluargaan selalu jadi pengikat kami. Juga pengikat kami dengan Anda, sahabat Galangpress semua.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s