THE DOCTOR – Catatan Hati Seorang Dokter

BUKU BARU PUSTAKA ANGGREK

the Doctor-webJudul : THE DOCTOR – Catatan Hati Seorang Dokter

Penulis : Triharnoto

Pengantar: Prof Dr K Bertens (ahli etika kedokteran dan biomedis)

Ukuran : 15×23 cm, 324 hal. Harga : Rp 50.000,-

…Seandainya para dokter mempunyai hati nurani seperti dalam buku ini, niscaya kasus Prita Mulyasari takkan terulang lagi… –editor

Sahabat Galangpress, tolong sebarluaskan kabar gembira ini ya. Ada buku bagus yang layak kita baca. Supaya kita mengerti. Supaya kita paham. Supaya kita punya empati. Profesi dokter yang mungkin terasa di seberang sana itu, dalam buku ini akan terasa begitu dekat. Problematika dokter adalah problematika kita juga. Mari kita berbicara dari hati-ke-hati soal DOKTER.

Dokter – sebuah profesi yang selalu kita tuntut untuk sempurna. Jasa yang diberikannya akan menentukan nyawa kita. Sehingga tuntutan untuk “pasien harus sembuh” membuat sebuah jasa dokter dihargai tinggi. Banyak orang beranggapan bahwa jadi dokter pasti jadi kaya. Itulah mengapa banyak fakultas kedokteran berdiri, banyak siswa yang berkeinginan kuliah di kedokteran, banyak orang tua menginginkan anaknya jadi dokter, atau bahkan banyak orang tua yang mengharapkan punya mantu dokter. Apakah benar jadi dokter jadi kaya?

“The Doctor – Catatan Hati Seorang Dokter” sebuah karya non-fiksi kesehatan karya dr. Triharnoto, akan menguak rahasia di balik jas putih seorang dokter. Mengapa harga obat mahal? Mengapa fasilitas di rumah sakit tidak memadai? Mengapa penanganan di rumah sakit tidak bisa cepat? Mengapa pasien begitu percaya penanganan dokter? Mengapa pasien menuntut dokter? Dari buku ini, kita akan tahu banyak profesi seorang dokter yang tidak selamanya nyaman, indah, dan mapan. Karena kita – pasien, sering lupa bahwa dokter adalah manusia yang juga punya keterbatasan, emosi, kebutuhan untuk dihargai, dan kepercayaan. Dan keberhasilan dokter itu dipengaruhi oleh kerjasama, kepercayaan, serta pengertian kita. dr. Triharnoto menulis dengan gaya bahasa yang humoris, lugu, dan jujur. Sehingga kita yang awam dengan dunia kedokteran dapat dengan mudah memahaminya. Beli bukunya sekarang juga, pahami profesinya, jadilah dokter dan pasien yang baik, karena sehat adalah hak kita.

— tentang penulis

THE DOCTOR – Catatan Hati Seorang Dokter

dr Triharnoto, MBA, MSc, SpPD (spesialis ilmu penyakit dalam). Dokter kelahiran tahun 1969 ini menempuh pendidikan di FK UGM, Postgraduate Certificate in Orthopaeic and Rehabilitation Technology di Medical School, University of Dundee, Scotland, UK; Master of Business Administration pada Graduate School of Management, University of Abertay, Scotland, UK (1999-2004); pendidikan spesialis ilmu penyakit dalam di FK UGM dan S2 ilmu kedokteran klinis FK UGM (2004-2008). Sekarang aktif dalam independent study bidang medical humanity di Melbourne, Australia.

Naluri kritisnya ditempa sejak menempuh pendidikan menengah di SMA 3 Padmanaba, Yogyakarta. Selama kuliah, Toto –panggilan akrabnya– bergiat di ITRY (Institut Teater Rakyat Yogyakarta). Benturan idealisme di lapangan semakin mengasah keberpihakannya pada persoalan kemanusiaan: dokter klinik 24 jam di Jakarta, dokter PTT di daerah sangat terpencil, Kepala Puskesmas Batu Lanteh Sumbawa Besar, dan Kepala Puskesmas Pelangan Lombok Barat NTB. Sekarang, dokter Toto bekerja dan berdomisili di Jogja.

— Salam dahsyat, Redaksi Pustaka Anggrek (Galangpress Groups)

http://galangpress.com

https://galangpress.wordpress.com

[aaka/10072009]

One response to “THE DOCTOR – Catatan Hati Seorang Dokter

  1. Pingback: Dokter, profesi berat yang membahagiakan « Buku adalah Gizi, maka Kami Peduli

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s