Tamu Kabare

Sahabat Galangpress,

Semalam, kami diundang rekaman oleh Jogja TV, stasiun televisi lokal terbesar di kota kami. Acara berbentuk talkshow berdurasi 1 jam ini bertajuk “Tamu Kabare”. Seperti nama acaranya, program mingguan yang tayang setiap sabtu malam pukul 20.00 – 21.00 WIB ini diadakan oleh Majalah Kabare, sebuah media kebudayaan, di bawah pimpinan Indro “Kimpling” Suseno, yang sekaligus menjadi host.

Direktur Galangpress Group, Julius Felicianus, menjadi narasumber utama di episode 154 ini. Ia didampingi oleh Nadia Indivara, penulis buku-buku best seller: The Mom’s Secret (Pustaka Anggrek, 2009), Untung Besar 80 Jutaan Duduk Doang (Indonesia Cerdas, 2008), dan Cara Pinter Jadi Wedding Organizer (Indonesia Cerdas, 2007). Selain itu, hadir juga penulis-penulis Galangpress yang lain: Dr Triharnoto, MBA, MSc, SpPD (penulis The Doctor – Curahan Hati Seorang Dokter/Pustaka Anggrek, 2009), Ian Tonggos (Serikat Jomblo/Pustaka Anggrek, 2008), serta Bagas Setyadi dan Syaiful Bahri (Jago Bikin Film Superhero/Pustaka Anggrek, 2009).

Dalam kesempatan itu, Pak Julius mengungkap rahasia sukses mengelola penerbitan buku. Dipaparkannya, bisnis penerbitan begitu menarik. Peluangnya sangat terbuka lebar untuk siapa pun yang mau berkecimpung di industri kreatif. Di Jogja saja baru ada 125 penerbit, sedangkan penulisnya kurang. Fakta lain, minat baca meningkat, diiringi oleh pembukaan toko buku baru di beberapa kota. Pameran-pameran yang diikuti oleh Galangpress Group pun selalu dibanjiri pengunjung.

Potret lain disampaikan oleh para penulis. Menurut mereka, menulis buku begitu menarik. Selain mereka dapat menuangkan gagasan, buku juga memberikan hasil finansial dari royalti penjualan. Anda bisa hidup dari menulis, tanya Kimpling kepada Nadia. “Bisa!” tukas Nadia.

Dengan sharing penerbit dan penulis seperti ini, kami berharap industri penerbitan bisa kita besarkan bersama-sama. Anda yang memiliki ide menarik kami ajak untuk mengambil bagian sebagai penulis. Jangan ragu-ragu. Setiap penulis besar mengawali karirnya dari menjadi pemula. Dan kami sudah membuktikan. Penulis-penulis kami, yang kini sudah menjadi orang terkenal, pada awalnya juga belum menjadi siapa-siapa.

Kami tunggu karya Anda. Majukan Indonesia dengan buku! [aaka/14072009]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s