Buku untuk Korban Gempa Tasikmalaya

wakil direktur galangpress, ibu ida prastiowati, melepas mobil pembawa sumbangan buku

wakil direktur galangpress, ibu ida prastiowati, melepas mobil pembawa sumbangan buku

Bencana alam hampir selalu menghancurkan. Betapa pun secara fisik utuh, atau hanya sedikit rusak, namun bagi yang mengalaminya sama saja. Mereka akan merasa bahwa apa yang mereka miliki hilang. Inilah kehancuran psikis yang hampir selalu menimpa para korban bencana.

Demikian pula terhadap korban bencana gempa bumi yang menggetarkan sisi selatan Pulau Jawa pada 2 September lalu. Gempa berkekuatan 7,3 skala Richter dan berpusat di 142 kilometer barat daya Tasikmalaya, Jawa Barat, itu menghancurkan korban di mana-mana. Lebih dari 50 orang dilaporkan tewas, dan puluhan ribu rumah hancur. Kini, mereka bermukim di tenda-tenda dan tempat pengungsian lainnya. Baik anak-anak maupun orang dewasa berkumpul jadi satu.

Atas situasi seperti ini, Penerbit Galangpress Group bekerja sama dengan SOS Kinderdorf mengirimkan bantuan 2.500 buku ke wilayah bencana. Bantuan ini dimaksudkan untuk membangkitkan semangat para korban agar mereka tetap optimis pada masa depan. Buku adalah harapan, sebab di sana terbentang pengetahuan. Dengan membaca buku, para korban akan termotivasi untuk bangkit dari keterpurukan.

Berdasarkan pengalaman Galangpress pada peristiwa gempa bumi yang meluluhlantakkan Jogja dan Klaten pada 27 Mei 2006, pada hari-hari sesudah bencana, para korban selalu terhanyut dalam suasana duka yang mendalam, sesal yang menyanyat-nyayat karena tidak mampu menyelamatkan saudara, dan bayangan akan hari esok yang suram. Oleh karena itu, buku kami hadirkan untuk menjaga keseimbangan perasaan dan pikiran para korban, bahwa usai nestapa dan balada ini pasti akan ada suka cita. Dan suka cita itu ada pada buku-buku yang kami bawa.

Buat sahabat korban gempa di Tasikmalaya dan sekitarnya, tetaplah tegar. Mari bangkit bersama. Doa kami untuk Anda semua.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s